My Depisa: BARU TAHU KAMI Jakabaring Bukan Pendekar

BARU TAHU KAMI Jakabaring Bukan Pendekar

Jika kita mendengar ataupun membaca kisah tentang kehidupan masyarakat di Pulau Jawa, sering kita mendengar kata Jaka atau Joko yang mempunyai arti Pemuda. Sebut saja Jaka Tarub, Jaka Gledek, Jaka Tingkir yang disebut juga Mas Karebet, Jaka Umbaran dengan nama lain Minak Jinggo. Masih ada juga Jaka yang lain seperti Jaka Samudra (Joko Samudro), Jaka Sembung, ada juga Jaka Swara (Rhoma Irama) Hehe....

Di Pulau Sumatera Bagian Selatan, tepatnya di Kota Palembang ternyata ada juga sebutan nama yang sering kita dengar yaitu “JAKABARING”. Mungkin sebagian kita bertanya “siapakah Jakabaring” tersebut, apakah dia seorang pendekar sama seperti yang dikisahkan dalam cerita rakyat Pulau Jawa?

Begini ceritanya ; Jakabaring adalah akronim (kependekan kata) dari :
Ja = Jawa
Ka = Kayuagung
Ba = Batak
Ring = Komering
Itulah 4 (empat) suku yang pertama kali bermukim di kawasan tersebut yang sekarang dinamakan

JAKABARING


Di kawasan ini sekarang telah menjadi kawasan terpadu sebagai pusat kegiatan olahraga yang dinamakan Jakabaring Sport City (JSC). Di kawasan ini terdapat GOR Ranau, GOR Dempo, Aquatic Stadium, Wisma Atlet, Danau OPI, Stasiun LRT, dan yang sering kita lihat di ANTV dan TVOne adalah Stadion Jakabaring.
Padahal sesuai dengan nama resminya, stadion ini bernama Gelora Sriwijaya yang diresmikan oleh Presiden RI ke-5 Megawati Soekarno Putri saat pembukaan PON XVI tahun 2004. Namun lebih dikenal dengan sebutan Stadion Jakabaring.

SUMBER : Ihakkie Okus