My Depisa: BANYAK YANG TIDAK TAHU , 27 WISATA OKU SELATAN

BANYAK YANG TIDAK TAHU , 27 WISATA OKU SELATAN

1. Danau Ranau




Inilah destinasi andalan Kabupaten OKU yang menjadi kebanggaan masyarakat OKU. Danau Ranau adalah danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba. Yang sama-sama memiliki pulau di tengahnya, kalau di Danau Toba Pulau Samosir, sementara di Danau Ranau ini adalah Pulau Marisa. Keindahan dari Danau Ranau tidak perlu diragukan lagi tidak hanya wisatawan domestik saja yang berbondong-bondong mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan ini, tapi juga wisatawan asing. Tidak hanya menghadirkan panorama danau saja, tapi juga Gunung Seminung, areal persawahan dan juga perkebunan kopi yang berada di pinggir danau. Kamu bisa menikmati keindahan Danau Ranau dengan mengelilingi menggunakan perahu atau hanya sekedar bersantai di pinggiran danau atau di villa-villa yang banyak tersedia di pinggiran danau.

2. Danau Rakihan



Memang tidak sebesar Danau Ranau, akan tetapi Danau Rakihan ini memiliki eksotisme tersendiri. Danau ini hampir penuh dikelilingi oleh pepohonan dan perbukitan nan hijau, bahkan udaranya sendiri juga sangat sejuk ketika kamu berada di Danau Rakihan. Kebanyakan wisatawan yang datang ke tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang ingin bersantai di tempat yang tenang atau bisa juga memancing ikan air tawar yang banyak hidup di Rakihan. Untuk lokasinya sendiri memang lebih jauh jika dibanding ke Danau Ranau dan berangkatnya dari pusat kota Muaradua. Setidaknya membutuhkan 2 jam perjalanan menuju Desa Sali Payak, yang masih berada di dalam Kecamatan Sindang.



3. Gunung Seminung





Batu perjalanannya saja kamu akan dihadirkan panorama alam yang sungguh memukau. Berangkat dari Danau dengan airnya yang kebiruan hingga panorama tebing di kaki Gunung Seminung benar-benar mampu menghilangkan rasa lelah kamu. Gunung Seminung memiliki ketinggian 1881 mdpl. Pendakian hingga puncak memang tergolong cukup berat, dengan tebing yang memiliki kemiringan 90 derajat, hingga terlalu lebatnya pepohonan menuju puncaknya. Tetapi ketika kamu sudah mencapai puncak Gunung Seminung, panorama yang sangat indah terasa mengelilingi kamu. Suguhan matahari terbenam hingga sunrise benar-benar sangat eksotis ketika berpadu dengan indahnya Danau Ranau. Yang ada hanyalah takjub dan rasa syukur ketika kamu berada di tempat wisata di Sumatera Selatan ini.



4. Air Terjun Desa Galang Tinggi


Inilah salah satu air terjun terindah yang ada di Kabupaten OKU Selatan, tepatnya di Desa Galang Indah, Kecamatan Mekakau Ilir. Masih belum banyak traveler yang mengunjungi air terjun ini, dan bahkan di lokasi yang berdekatan dan di dalam Kecamatan yang sama ada lebih dari 10 air terjun yang sama-sama indahnya. Namun karena keterbatasan informasi akhirnya destinasi-destinasi wisata menarik khususnya air terjun tidak terekspos ke publik. Air Terjun Desa Galang Tinggi ini memiliki kontur tebing yang cukup unik ada sebagian yang menjorok  ke depan, dan airnya pun juga sangat deras hingga memenuhi kolam di bawahnya. Dan yang pasti kamu bakalan betah berada di tempat wisata di Sumatera Selatan ini.

5. Pulau Saka


Kabupaten OKU Selatan ternyata tidak hanya memiliki Pulau Marissa, tapi juga Pulau Saka yang lokasinya justru berada di tengah Kota Muaradua. Masih belum begitu banyak traveler yang mengetahui destinasi wisata yang satu ini, terutama traveler yang datang dari luar Kabupaten OKU Selatan. Inilah tempat bertemunya dua sungai besar, yakni Sungai Saka dengan Sungai Selabung. Pada musim kemarau sangat terlihat jelas daratan yang cukup luas yang penuh dengan bebatuan koral. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang pasling pas buat fotografi, apalagi ketika hari mulai senjai mulai terlihat eksotisme Pulau Saka.

6. Danau Kasmaran



Ingin hubungan kamu sama pasangan berlanjut ke jenjang pernikahan? Maka datang ke Danau Kasmaran, yang terletak di Desa Gemiung, Kecamatan Buana Pemaca.

Konon katanya banyak pasangan muda-mudi yang datang ke danau ini akan berlanjut ke jenjang pernikahan. Namun yang Masih sekolah Jangan Nikah Dulu ya heh ,

Memang jauh lebih jika dibandingkan dengan Danau Rakihan maupun Danau Ranau. Tetapi pesonanya betul-betul berbeda ketika berada di Danau Kasmaran.
Danau ini memang banyak keramba milik warga setempat yang menghasilkan begitu banyak ikan tawar segar tiap bulannya.

Kebanyakan wisatawan yang datang ke tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang ingin mencoba sensasi strike ikan tawar yang hidup di Danau Kasmaran.

7. Pemandian Air Panas Danau Ranau



Benar-benar sangat lengkap spot yang bisa kamu nikmati ketika kamu berkunjung ke Danau Ranau. Dan salah satunya adalah Pemandian Air Panas yang letaknya tepat di pinggir Danau Ranau. Akan tetapi kamu harus menyewa perahu motor untuk menuju ke Pulau Marisa, karena memang lokasinya berada di pinggir pulau. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang menjadi spot favorit wisatawan ketika berada di Pulau Marisa. Air panas yang mengandung belerang ini bisa menghilangkan rasa lelah kamu selama menaiki perahu motor atau setidaknya bisa mengobati berbagai penyakit yang kamu derita.

8. Pulau Marisa



Sebelum kita mengunjungi Pemandian air panas maka kita akan di suguhkan view Pulau marisa melalu transportasi air ( Ketek ) , pulau ini Konon nya banyak Mitos nya.. jika kita bermalam disini makan akan di datangi oleh Putri duyung... haha tapi jangan percaya itu hanya mengada ada saja biar pembaca tidak bosan .. cus langsung ke wisata selanjutnya ya


9. Candi Jepara / Candi Batu Kebayan



Salah satu warisan kebudayaan Hindu kemungkinan berdiri pada abad 9 – 10 M. Candi Jepara memang tinggal reruntuhan yang nyaris tidak terlihat berdiri lagi, cagar budaya yang kini telah menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan ini letaknya di Desa Jepara, yang masih berada di dalam wilayah Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah.




Lokasinya berada di Desa Jepara, Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah. Ada sebuah cerita rakyat tentang adanya Candi Batu Kebayan, yakni tentang rombongan pengantin yang melewati Gunung Seminung. Dan ketika rombongan pengantin itu lewat ditegurlah sama Si Pahit Lidah. Akan tetapi rombongan tersebut tidak mendengar suara SI Pahit Lidah karena jauh. Akhirnya Si Pahit Lidah marah, dan mengatakan “kalian semua seperti batu tidak mendengar dan tidak menjawab pertanyaan”. Akhirnya rombongan tersebut jadilah batu yang dinamakan Candi Batu Kebayan. Terlepas dari cerita rakyat tersebut Candu Batu Kebayan ini memang warisan dari kebudayaan Hindu, dan belum diketahui pada abad ke berapa.

10. Lereng Gunung Pesagi




Gunung pesagi adalah gunung yang terletak di perbatasan OKU Selatan dan lampung, persis lokasi nya di desa Remanam Jaya Kecamatan Warkuk Ranau Selatan,

Dilereng Gunung ini Terhampar Perkebunan Kopi yang Luas, dengan di bungkus cuaca yang sejuk, sangat beda dengan kota muaradua, udara disini sangat khas pegunungan, air nya jernih dan sangat sedikit polusi.


jika kalian para pembaca yang budiman ingin mendaki gunung ini, kalian harus melalui puncak bersemi, dari lokasi puncak bersemi, mungkin memakan waktu 30-45 menit , untuk sampai ke desa ramanam jaya tepat nya di lereng gunung pesagi, namun jika cuaca bersahabat, jika cuaca lagi hujan, bisa memakan waktu 1-2 jam perjalanan menggunakan motor , karena akses jalan yang belum sama dengan daerah lain, disini akses jalan masih beralaskan tanah, Pemerintah daerah sudah membangun jalan cor beton sepanjang 5 KM kalau tidak salah , kalau salah benar . akan tetapi jalannya belum sampai ke desa remanam jaya yang notabene adalah penyumbang kopi cukup banyak untuk oku selatan.

11. Bukit Singau



Pesonanya sungguh berbeda ketika kamu berada di puncak Bukit Singau. Udaranya yang sangat sejuk serta bersih, panorama alam perbukitan nan hijau serasa menyejukkan hati. Ketika kamu berada di tempat wisata di Sumatera Selatan ini kamu bisa melihat keindahan Kota Muara Dua dan juga puncak Gunung Seminung. View yang sangat berbeda untuk Kota Muara Dua memang, dan sudah pasti kehadiran sunset menjadi sajian penutup yang cukup istimewa di Bukit Singau. Ketinggian Bukit Singau ini mencapai 800 mdpl, jadi memang dibutuhkan stamina yang cukup prima untuk bisa berada di puncaknya. Dan untuk lokasinya sendiri berada di Kecamatan Mekakau, yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Muara Dua.


12. Batu Sengang Boulevard



Inilah Green Canyonnya Kabupaten OKU Selatan. Ketika kamu mengikuti arung jeram Ranau Rafting maka kamu akan melewati bagian Sungai Selabung yang sangat memukai ini. Birunya air sungai berpadu dengan tebing kanan-kiri yang menjulang tinggi serasa sangat menenangkan. Apalagi arus sungai ketika berada di Batu Sengang Boulevard ini tidak begitu deras, maka momen terbaik adalah selfie. Setidaknya kamu bisa memperlambat laju perahu karetmu untuk menikmati keindahan alam yang dihadirkan SUnga Selabung. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang menjadi andalan Kabupaten Oku Selatan dan juga menjadi spot favorit para wisatawan yang ingin menjajal arung jeram Sungai Selabung.


13. Air Terjun Bayur Tengah




Lokasinya cukup berdekatan dengan Air terjun Sakiri yang berada di desa yang sama, yakni Desa Bayur Tengah, Kecamatan Muara Dua Kisam. Meskipun tidak setinggi Air Terjun Sakiri, tapi Air Terjun Bayur Tengah ini cukup eksotis dengan konturnya yang landai dihiasi ornamen bebatuan yang begitu terlihat sangat alami. Kondisi konturnya yang landai sangat memungkinkan kita untuk mendakinya hingga puncak air terjun. Sudah bisa dipastikan pemandangan yang sangat indah ketika kamu berada di puncak air terjun. Kolam bebatuan di bawahnya menawarkan kenyamanan untuk berendam, meskipun tidak luas tapi tetap membuat kamu tahan berlama-lama. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini belum begitu ramai dikunjungi wisatawan, jadi alamnya yang asri masih sangat terjaga.


14. Air Terjun Curup Datar



Eksotis memang untuk air terjun yang satu ini, yang lokasinya berada di Desa Mehanggin, Kecamatan Muara Dua. Ada keunikan tersendiri dengan Air Terjun Curup Datar, selain air terjun utama dengan ketinggian kurang lebih 20 meter dan ada juga air terjun kecil di sampingnya yang mengalirkan air yang sangat jernih ke kolam yang cukup luas. Bentuk dari tebing air terjun utama sangat unik seperti tangga undakan tapi terjal, yang memungkinkan wisatawan bisa memanjat ke atas beberapa meter. Memiliki kolam yang cukup luas, menjadikannya destinasi favorit para wisatawan untuk berendam. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini tidak begitu jauh dari Desa Mehanggin, yang hanya beberapa menit saja untuk sampai di lokasi air terjun.


15. Air Terjun Curup Papan



Mungkin setiap orang yang mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan ini akan takjub melihatnya. Air terjun dengan begit airnya yang sangat besar, konturnya yang landai namun tinggi, dan juga tingkat kelebarannya. Satu lagi nilai plusnya adalah kolamnya yang begitu besar, namun sangat dalam ya, jadi kalau tidak jago berenang harus menggunakan pelampung. Atau kamu juga bisa bersantai di atas perahu karet sembari menikmati alam serta cipratan buih air segar yang jatuh terkena bebatuan. Sebenanrya Air Terjun Curup Papan ini bisa menjadi destinasi andalan juga bagi Kabupaten OKU Selatan, namun aksesnya yang lumayan jauh dengan jarak 1 km an dan juga infrastrukturnya jalannya masih buruk jadi masih sedikit wisatawan yang mendatangi Air Terjun Curup Papan. Lokasi air terjun ini terletak di salah satu desa Kecamatan Runjung Agung.



16. Air Terjun Kebayan



Dijuluki juga sebagai Air Terjun Pengantin oleh warga Desa Sukabumi, Kecamatan Tiga Dihaji. Air terjun ini memiliki dua tingkatan pada air terjunnya dan juga kolam yang lebar dan sangat memungkinkan untuk berenang atau hanya sekedar berendam. Debit airnya pun juga cukup besar yang sering menyiratkan buih embun yang cukup lembut dan menyejukkan. Tempat wisata di Sumatera Selatan ini tergolong masih sangat asri dan memang belum begitu banyak wisatawan yang mengunjunginya. Padahal lokasinya tidak begitu jauh dari desa terdekat, yakni Desa Sukabumi. 

17. Air Terjun Lai




Tidak begitu jauh juga dengan Danau Ranau, Air Terjun Laai ini memiliki keunikannya tersendiri. Untuk lokasinya sendiri cukup jauh dengan desa terdekat, dan mengharuskan kamu untuk berjalan melalui sungai, areal persawahan dan rimbunnya pepohonan di perbukitan. Medannya memang tergolong agak berat, tapi bagi pecinta alam inilahnya yang mereka cari. Debitnya airnya tidak terlalu besar, dan air terjunnya sendiri juga tidak terlalu tinggi. Tapi panorama yang tersaji sunguh-sungguh menyegarkan mata. Di tempat wisata di Sumatera Selatan ini kamu bisa melihat areal persawahan nan hijau dan juga merasakan segarnya udara perbukitan.


18. Air Terjun Manduriang





Pesona air terjun yang satu ini sungguh menggoda, dan hampir setiap wisatawan akan dibuat takjub akan keindahannya. Air Terjun Manduriang ini memiliki ketinggian lebih dari 25 meter dan semakin ke bawah tebingnya semakin melebar, jadi membentuk kerucut. Uniknya lagi pada bagian bawah tebing terdapat goa yang cukup lebar dibalik air terjunnya. Eksotis memang, dan konon katanya goa tersebut sebagai tempat tinggal nenek moyang dan juga sebagai tempat pertapaan. Untuk menuju tempat wisata di Sumatera Selatan ini cukup mudah dan tidak terlalu jauh, dan hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari desa terdekat dengan berjalan kaki menuruni tebing yang cukup terjal. Lokasi tepatnya berada di Desa Manduriang, yang masih berada di dalam wilayah Kecamatan Ranau Tengah.


19. Air Terjun Sakiri






Tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang sangat menarik apalagi dengan ketinggian air terjun melebihi 30 meter, benar-benar membuat siapapun melihatnya bakal terpukau. Debit airnya sangat besar sehingga memenuhi kolam bebatuan alami yang ada di bawahnya. Yang cukup menarik adalah ada dua air terjun sekaligus, hanya saja sebelahnya debit airnya lebih kecil. Didukung lokasinya yang ada di Bukit Berlobang membuat Air Terjun Sakiri ini semakin terlihat begitu eksotis. Suasana sekitaran air terjun sangat sejuk bahkan tak jarang cukup dingin. Tidak begitu jauh menuju lokasi air terjun dari desa terdekat, hanya membutuhkan kurang lebih 30 menit saja, melewati perkebunan milik warga. Lokasi tepatnya berada di Desa Bayur Tengah, yang masih berada di Kecamatan Muaradua Kisam.


20. Air Terjun Subik Tuha






Tak lengkap wisata kamu jika berkunjung ke Danau Ranau tanpa mengunjungi Air Terjun Subik Tuha yang jaraknya snagat dekat dengan Danau Ranau yang hanya 300 an meter. Lokasi tepatnya berada di Desa Subik Tuha, yang masih berada di dalam Kecamatan Banding Agung. Air terjun ini memiliki ketinggia di atas 20 meter dan memiliki debit air yang cukup besar, hingga memenuhi kolam di bawahnya. Dan inilah yang paling menarik, kamu bisa berendam dan merasakan kenikmatan segarnya air yang bersumber dari Gunung Seminung. Tebingnya yang diselimuti oleh tanaman dan pepohonan nan hijau seakan menambahkan kesan eksotis Air Terjun Subik Tuha.



21. Air Terjun Sungai Are





Debit airnya memang sangat besar bahkan arusnya pun juga sangat deras, akhirnya dimanfaatkan oleh warga Desa Simpang Luas sebagai pembangkit listrik. Air terjun Sungai Are ini tidak begitu jauh dari Desa Simpang Luas yang berada di Kecamatan Sungai Are, namun stamina kamu harus cukup untuk menaiki perbukitan yang cukup menanjak. Kolamnya cukup dalam, jadi hanya perenang yang professional saja yang diperbolehkan berenang, karena aliran derasnya bisa membahayakan. Karena berada di perbukitan tempat wisata di Sumatera Selatan ini memang cukup sejuk dan sangat nyaman untuk bersantai menikmati keindahaan alam di pinggiran air terjun.

22. Air Terjun Teluk Agung




Tidak cukup tinggi memang air terjun yang satu ini, tapi aliran airnya yang sangat besar dan deras menjadi daya tarik tersendiri. Belum lagi ditambah rindangnya pepohonan yang ada ada di sekeliling air terjun, membuatnya menjadi lebih terkesan eksotis. kolamnya pun juga cukup luas dengan kedalamannya sedang membuat wisatawan akan kegirangan menikmati segarnya Air Terjun Teluk Agung. Lagi-lagi belum begitu banyak wisatawan yang datang ke tempat wisata di Sumatera Selatan ini karena minimnya informasi. Padahal di Kecamatan Makakau Ilir ini begitu banyak air terjun yang masih sangat alami. Seperti Air Terjun Teluk Agung yang berada di Desa Teluk Agung.


23. Air Terjun Temiang



Destinasi yang satu ini tergolong juga masih sepi pengunjung, dan lagi-lagi karena minimnya informasi tentang Air Terjun Temiang. Padahal air terjun ini memiliki kolam yang cukup luas ibarat pemandian alami yang juga menawarkan keindahan panorama alam yang jempolan. Air terjunnya sendiri memiliki ketinggian sekitar 10 meteran, meskipun airnya tidak begitu deras, ketika musim kemarau, tapi tetap cukup untuk memenuhi kolam alami yang ada di bawahnya. Memang untuk menuju ke lokasi air terjun dibutuhkan waktu beberapa menit dengan jalan kaki dari desa terdekat. Secara administratif Air Terjun Temiang ini terletak di Desa Durian Sembilan, yang masih berada di dalam Kecamatan Buay Pemaca.


24. RANAU RAFTING


Wisata yang satu ini tentu saja tidak asing lagi bagi warga OKU Selatan dan sekitarnya... bagi para wisatawan yang suka memacu adrenalin .. destinasi wisata ini wajib untuk di coba.. 

25. PUNCAK BERSEMI


Wisata ini berlokasi di Desa gunung Raya Tepat nya di antara Gunung Pesagi Dan gunung Seminung, dengan berlatarkan Danau Ranau dan Gunung Seminung Wisatawan akan Di manjakan dengan perkebunan kopi yang terbentang sejauh mata memandang...

26. PANTAI PELANGI



Wisata yang satu ini.. mempunyai berbagai macam wahana air.. contoh nya jetsky, banana bot dan berbagai wahana lain nya.. Berlokasi di antara banding agung dan Pusri wahana ini wajib anda kunjungi, dengan deburan ombak yang bersahabat kita akan di manjakan gagahnya gunung seminung dan jernihnya danau ranau..

27. PANTAI BIDADARI




Masih di Danau Ranau, Pantai ini berlokasi di sisi kanan danau, tepat nya di arah bendungan , wisata ini masih banyak yang belum Tahu, kecuali orang-orang yang Selalu Hunting foto untuk Instagram tentunya kalangan melenial pada umumnya..

Mungkin itu saja yang dapat saya curahkan...
jika ada salah penulisan atau pun judul mohon di maafkan
dan slahkan comentar di bawah untuk memberikan masukan


NOTES : Jika ada Wisata yang belum ter expost tolong untuk tinggalkan coment di bawah, agar suatu waktu dapat di muat di blog saya

SUMBER : BERBAGAI SUMBER